Tips Mengatasi Sakit Dan Nyeri Haid

kesehatanMenstruasi merupakan hal yang dialami oleh wanita yang telah memasuki usia remaja hingga dewasa. Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Namun, secara umum menstruasi selalu terjadi pada wanita setiap bulan atau lebih tepatnya setiap 28 hari sekali. Sayangnya, siklus bulanan wanita ini sering menjadi keluhan bagi banyak wanita karena saat mengalami menstruasi biasanya wanita akan mengalami berbagai macam gangguan seperti rasa sakit dan nyeri di bagian dada, pinggul, dan pada bagian perut. Nyeri yang timbul akibat menstruasi memang wajar dialami oleh wanita karena pada saat itu tubuh sedang mengalami perubahan hormonal. Namun, gangguan-gangguan tersebut seringkali membuat aktivitas wanita menjadi terganggu dan rasanya hanya ingin bermalas-malasan saja di rumah. Oleh karena itu, setiap wanita harus memiliki cara tersendiri dalam mengatasi rasa nyeri haid yang hadir akibat menstruasi sehingga tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

Cara Mudah Meredam Rasa Sakit Dan Nyeri Haid Dengan Olahraga

Manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan saat sedang haid pun wanita dianjurkan untuk melakukan olahraga ringan setiap harinya. Dengan berolahraga maka otot dan tulang-tulang tubuh akan bergerak sehingga sedikit demi sedikit dapat meredam rasa sakit perut akibat nyeri haid. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti berenang, lari pagi, aerobik, yoga, jalan cepat, dan olahraga ringan lainnya. Banyak wanita yang telah membuktikan bahwa dengan berolahraga maka sirkulasi darah dalam tubuh akan semakin lancar dan kram perut akibat menstruasi pun dapat teratasi.

Jadi, tidak ada alasan lagi bagi wanita yang sedang merasakan sakit dan nyeri haid untuk bermalas-malasan, karena hanya dengan berolahraga minimal 15 menit saja maka kondisi tubuh sudah akan lebih baik. Jika Anda sedang memiliki banyak waktu luang, Anda bisa melakukan olahraga renang atau yoga. Namun apabila hanya memiliki waktu yang sedikit sebaiknya Anda memilih jenis olahraga yang tidak membutuhkan banyak waktu seperti senam dan jalan sehat.

Related posts: