Menu Makanan Sehat Untuk Penderita Tipes

tips kesehatanPenyakit tipes merupakan penyakit yang sering dialami penduduk di Indonesia. penyakit tipes ini terjadi akibat adanya bakteri salmonella typhi yang menempel pada makanan atau benda-benda yang telah terkontaminasi. Jenis penyakit ini adalah penyakit yang membahayakan dan bisa menyebabkan kematian. Ciri-ciri dari penyakit ini adalah adanya demam yang tak juga turun selama 2 hingga 3 minggu, denyut nadi melemah dan kadang terjadi juga perut kembung. Bagaimana jika sudah terserang penyakit tipes ini? Bagaimana cara pengobatan dan pencegahannya?  Pengobatan sakit tipes ini Anda bisa berkonsultasi ke dokter atau juga bisa dibantu dengan pengobatan-pengobatan herbal. Selain itu yang paling utama adalah menjaga pola makan yang sehat. Dengan menjaga pola makan maka akan semakin mempercepat proses pemulihan.

Menu Makanan Yang Dianjurkan Bagi Penderita Tipes

Untuk proses pemulihan dari penyakit tipes ini tidaklah begitu sulit. Anda hanya perlu sedikit telaten. Pada umumnya penderita tipes ini akan mengalami penurunan berat badan yang cukup banyak.  Penderita tipes tidak dianjurkan memakan makanan yang banyak mengandung serat. Lalu jenis makanan apa yang aman untuk penderita tipes ini? Jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita tipes adalah makanan yang rendah serat seperti kacang panjang, buncis, pisang, pepaya, wortel dan alpukat. Jenis makanan yang selanjutnya adalah makanan yang lunak, sakit tipes ini akan mengali masalah pada saluran pencernaan maka dari itu mengonsumsi makanan yang bertekstur lunak akan menjadikannya mudah dicerna oleh usus. Dalam memilih makanan yang lunak tersebut juga harus mempertimbangkan kandungan nutrisinya ya, contohnya nasi tim ayam, kentang rebus, puding, biskuit lunak, dan buah pisang.

Jenis makanan yang selanjutnya adalah makanan yang berprotein tinggi untuk membantu memulihkan stamina tubuh contohnya, daging ayam rebus, tahu, sup ikan, kacang kedelai dan hati ayam. Selain itu saat Anda terserang tips ada juga pantangan yang harus Anda hindari yakni mengonsumsi makanan pedas dan asam agar tidak berakibat buruk pada saluran pencernaan Anda. selain itu istirahat yang cukup juga akan membantu mempercepat pemulihan.

Related posts: