Mengenal Rukun Islam Tak Sebatas Verbal

rukun islam

Agama adalah tiang di dunia yang tak bisa dibeli dengan harta dan semuanya yang ada. Agama sendiri adalah patokan sekaligus pegangan setiap manusia yang tak bisa terlepas barang sedetik saja. Begitu pentingnya agama ini membuat semua orang harus tunduk dan patuh terhadap agama mereka masing-masing. Dalam agama, terkenal beberapa pegangan atau dasar yang harus diketahui yang pastinya harus dimaknai sebagai pegangan yang harus selalu digenggam yang harus dikenal tak hanya dalam ucapan verbal semata. Salah satunya adalah di agama Islam yang mana telah dikenal adanya rukun Islam ada 5 yang telah sejak kecil ditanamkan dan ditekankan agar dihayati maknanya. Namun, pembelajaran sejak kecil tak bisa dijadikan sebagai patokan jika semua orang paham dan memaknai dalam diri mereka masing-masing sehingga perlu pengenalan rukun Islam ini yang tak hanya dalam sebatas ucapan dan juga hafalan masa kecil saja. Lalu, kira-kira apa saja makna dari rukun Islam yang harus diaplikasikan?

Makna Rukun Islam Ada 5 Yang Harus Dikenal Tak Sebatas Verbal

Makna rukun Islam ada 5 yang harus dikenal tak hanya sebatas verbal saja ini dimulai dari urutan yang pertama yaitu mengucapkan dua kalimat syahadat. Syahadat ini diartikan tak hanya sebatas sebagai ucapan di lisan dan hafalan di memori saja namun, dalam mengucapkannya, manusia semua harus meyakini dalam hati masing-masing dan juga memaknai sedalam-dalamnya jika Allah itu ada dan Tiada Tuhan Selain Allah beserta dengan Rasul utusan Allah. Selain itu, sholat juga menduduki sebagai urutan rukun yang kedua yang mana merupakan tiang agama yang wajib untuk dilakukan karena amalan manusia bisa dilihat dari sholatnya.

Zakat menjadi urutan ke tiga rukun Islam ada 5 yang mana setiap orang yang memiliki harta wajib menzakatkan hartanya jika telah melebihi batas nishab untuk menyucikan harta dan juga jiwa raganya. Puasa juga menjadi urutan setelah zakat yang merupakan ibadah yang wajib dilakukan di bulan Ramadhan yang telah digariskan dan tertuang dalam Firman Allah Swt. Tak lupa, bagi orang-orang yang telah mampu, maka diwajibkan bagi mereka untuk melaksanakan haji sebagai penyempurnaan rukun Islam dalam diri mereka.

Related posts: