Cara Partisi Harddisk Dengan Mudah

www.purtekno.comSeperti kita ketahui bersama harddisk merupakan salah satu media penyimpanan data pada sebuah laptop atau PC. Semakin hari dengan perkembangan teknologi yang kian pesat space atau ukuran dari harddisk juga kian besar. Bahkan saat ini sudah ada perangkat laptop yang membawa harddisk dengan kapasitas mencapai 1 TB. Selain itu harga dari salah satu media penyimpanan ini juga semakin terjangkau. Dalam proses penggunaannya sendiri biasanya pengguna sebuah laptop atau PC akan melakukan partisi pada harddisk mereka. Partisi sendiri bertujuan untuk membagi volume atau kapasitas dalam sebuah harddisk menjadi beberapa bagian namun masih dalam satu kesatuan. Dengan mempartisi sebuah harddisk tentu memungkinkan kita membagi kapasitas harddisk yang bisa kita tunjukan untuk sistem dan juga untuk menyimpan data pribadi kita dalam sebuah komputer.

Bagaimana Cara Partisi Harddisk Dengan Mudah Dan Tanpa Ribet

Bagi Anda orang awam mungkin belum familiar dengan istilah partisi dan bagaimana cara melakukannya. Bagi Anda orang awam biasanya ketika membeli sebuah perangkat laptop akan menjumpai partisi harddisk pada laptop tersebut. Biasanya partisi yang ada berjumlah dua partisi, :C dan :D, partisi :C biasanya diperuntukkan untuk system sedangkan partisi 😀 diperuntukkan untuk menyimpan data sang pengguna. Hal ini tentu akan memudahkan kita untuk mengindex file-file yang ada di laptop atau PC kita. Namun jika Anda perlu melakukan partisi lagi pada harddisk Anda karena kebutuhan tertentu Anda bisa melakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan dari orang lain? Bagaimana caranya?

Ada dua cara untuk melakukan partisi harddisk pada sebuah komputer. Pertama, Anda bisa menggunakan fitur bawaan Windows yang bernama disk management. Kedua, Anda bisa melakukan partisi dengan bantuan aplikasi. Setiap sistem operasi Windows memang menawarkan fitur partisi bawaan yang bisa kita gunakan untuk melakukan partisi, namun untuk prosesnya harus Anda lakukan secara hati-hati agar data atau file-file penting Anda tidak hilang ketika melakukan proses partisi. Caranya Anda cukup membuka explore dengan cara klik kanan lalu pilih manage, setelah itu akan muncul jendela aplikasi komputer management dan Anda bisa cari dan pilih disk management. Pada menu disk management akan ditampilkan partisi apa saja yang ada di komputer Anda, dan Anda bisa menambah dan mengurangi partisi pada laptop Anda melalui fitur ini. Untuk lebih detailnya Anda bisa kunjungi website purtekno.com.

Related posts: