Bahaya Kosmetik Yang Mengandung Merkuri

tips kecantikanMemiliki wajah yang cantik tentulah menjadi idaman bagi setiap wanita. Tidak sedikit wanita yang mengidentikkan cantik dengan kulit yang putih dan cerah. Hal ini membuat konsumsi kosmetik pemutih pun semakin meningkat. Akan tetapi, hal ini justru membuat semakin maraknya pemalsuan kosmetik pemutih hingga penggunaan bahan-bahan berbahaya untuk kosmetik. Hal ini dilakukan oleh produsen untuk memberikan efek putih yang cepat dengan mengeluarkan biaya sekecil-kecilnya dan memperoleh keuntungan yang sebesar-besarnya. Kebanyakan produk kecantikan yang dibuat di rumahan juga belum tentu aman untuk digunakan karena tidak sedikit dari peraciknya yang tidak mengetahui pengaruh dari bahan yang mereka gunakan. Salah satu bahan yang sering ditambahkan ke dalam produk kecantikan pemutih adalah merkuri.

Bagaimana Bahaya Kosmetik Yang Mengandung Merkuri

Merkuri merupakan salah satu unsur logam berat yang juga disebut dengan air raksa. Merkuri sendiri juga merupakan salah satu bahan radioaktif yang bila terkonsumsi oleh tubuh akan menyebabkan berbagai masalah seperti kanker karena merkuri sendiri dikenal sebagai salah satu unsur yang bersifat karsinogenik. Merkuri dapat terakumulasi di dalam air tanah, tanaman, serta hewan air. merkuri yang terakumulasi dalam air tanah, tanaman, dan ikan apabila dikonsumsi oleh manusia akan berpindah ke dalam tubuh manusia. Pada kadar tertentu, merkuri dapat menyebabkan keracunan hingga kematian seketika.

Merkuri yang terdapat di dalam produk kosmetik pemutih akan menyebabkan kulit tampak putih dengan seketika. Putih yang dihasilkan pun akan sangat berbeda dengan putih pada umumnya. Warna putih yang dihasilkan cenderung pucat seperti tidak dialiri oleh darah. Jika digunakan secara terus menerus akan menyebabkan munculnya bintik-bintik hitam pada area wajah terlebih apabila penggunaanya dihentikan. Tentu hal ini juga akan disertai dengan menipisnya kulit wajah sehingga apabila wajah terpapar oleh sinar matahari akan menyebabkan wajah nampak memerah. Hal ini membuat banyak orang menghindari paparan sinar matahari. Demikian beberapa bahayanya penggunaan kosmetik pemutih yang mengandung merkuri. Hal ini tentulah harus membuat Anda semakin jeli dalam memilih berbagai macam produk kosmetik. Berbagai macam ciri-ciri kosmetik pemutih yang mengandung merkuri dapat Anda baca melalui artikel yang telah dipaparkan sebelumnya.

Related posts: