Bagaimana Tahapan Pengalengan Ikan?

perikanan dan kelautanAnda tentu saja tahu ikan sarden bukan? Ikan kalengan yang dijual di berbagai swalayan ini memang memiliki cita rasa yang nikmat ditambah dengan bumbu yang ada di dalamnya. Bicara mengenai ikan sarden, apakah Anda tahu mengenai tahapan pengalengan ikan tersebut? Sebagai warga Indonesia yang terkenal dengan negara kepulauannya, Anda tentu saja jangan sampai melewatkan info perikanan yang satu ini. Dengan pengetahuan yang luas mengenai berbagai macam info tersebut pastinya Anda tidak perlu bertanya-tanya lagi bagaimana tahapan atau cara pengalengan ikan sarden tersebut mulai dari penangkapan hingga masuk pabrik. Untuk yang makin penasaran, inilah info lengkapnya untuk Anda.

Inilah Tahapan Pengalengan Ikan

Di sini ada beberapa tahapan penting dalam pengalengan ikan dan yang pertama jelas pengadaan bahan baku atau ikannya terlebih dahulu. Untuk ikan yang akan dikalengkan jelas ikan tersebut wajib yang memiliki kondisi baik dan segar. Untuk ukurannya pun tidak terlalu besar bahkan cenderung ukuran kecil. Kemudian masuk tahapan cutting yaitu pemotongan bagian kepala ikan sehingga nantinya hanya bagian tubuh ikan saja yang akan dikemas. Setelah masuk proses rotary atau pencucian kini saatnya masuk pada tahapan pengisian atau filling. Jika telah selesai kemudian proses selanjutnya adalah pemasakan awal atau disebut juga dengan press cooking. Dimasak dalam suhu 800 derajat Celcius selama 10 menit, kebersihan pasti terjaga.

Penggandaan atau exhausting menjadi tahapan selanjutnya yang harus dilakukan. Dalam tahap ini nantinya ikan yang telah dimasak akan dicampur dengan saos cabai atau saos tomat dan juga vegetable oil. Pastinya prosesnya sendiri otomatis menggunakan mesin. Steaming atau penutupan kaleng dilakukan selanjutnya dan diikuti dengan pendinginan serta memastikan jika setiap kemasannya bersih 100%. Jika semua proses telah selesai, maka kini saatnya pengemasan dan ikan kaleng pun siap untuk dipasarkan. Jadi itulah tahapan-tahapan untuk pengalengan ikan. Anda bisa karena lebih banyak info mengenai hal lainnya di website perikanan38.blogspot.com. Bukan hanya isu perikanan saja, berbagai macam isu kelautan pun dibahas dalam website tersebut.

Related posts: